Di hadapan para penguji promovendus menjelaskan bahwa berdasarkan riset yang telah dilakukan terdapat empat fungsi yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk mewujudkan transformasi pembelajaran bahasa Arab. Empat fungsi tersebut adalah adaptation, goal attainment, integration, latency. Adaptasi, pembelajaran bahasa Arab harus memiliki kemampuan untuk merespon berbagai peluang dan tantangan perubahan zaman. Penentuan Tujuan merujuk pada kemampuan pembelajaran bahasa Arab untuk menetapkan tujuan pendidikan yang jelas dan memiliki rencana strategis untuk mencapainya. Integrasi melibatkan harmonisasi berbagai komponen pembelajaran yang termasuk di dalamnya siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran. Latensi. mengacu pada pelestarian pola-pola terbaik dari pembelajaran bahasa Arab yang telah berlangsung.
Disertasi Faiq Ilham Rosyadi berkontribusi pada alternatif model transformasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah berbasis pondok pesantren modern. Promovendus berhasil lulus dan dikukuhkan sebagai Doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dengan predikat “Cumlaude.” Faiq Ilham Rosyadi merupakan doktor kedua dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan masa studi 2 tahun 8 bulan 25 hari. Ia merupakan doktor muda mengingat usianya yang baru menyentuh 26 tahun pada saat dilakukan ujian terbuka promosi doktor hari ini
Sumber - uin-suka.ac.id
Komentar
Posting Komentar